Senin, 26 Desember 2011

Do'a Ampuh Melunasi Hutang

Adakah manusia hidup didunia sekarang ini tanpa pernah berhutang? Dari yang kaya sampai dengan yang miskin pasti pernah mengalami yang namanya berhutang. Dan itu sah-sah saja dan normal dengan catatan hutang mesti dibayar, baik cepat ataupun lambat. Karena hutang pertanggung jawabannya adalah hingga akhirat nanti. Yang jadi masalahnya, bisa berhutang tetapi tidak sanggup membayarnya. Selagi masih ada niat melunasi dan disertai usaha dan do'a, yakinlah berapa pun besar hutang itu pasti akan terlunasi. Allah pasti akan memberi rezeki untuk melunasinya dengan jalan yang tidak kita duga datangnya. Yang penting yakin, tulus, ikhlas, tidak putus asa dan berserah diri pada Allah. 

Berikut beberapa do'a paling ampuh bagi anda yang punya masalah hutang :

Rasulullah saw pernah bersabda : 
"Akan aku ajarkan kalimat-kalimat yang jika dibaca ketika hutangmu menumpuk seperti gunung sekalipun, maka Allah swt akan melunasinya"

Do'anya :

ALLAHUMMAKFINII BIHALAALIKA 'AN HARAAMIKA WA AGHNINII BIFADHLIKA 'AMMAN SIWAAK

Artinya :
Ya Allah,cukupkan diriku dengan yang halal dariMu dan bukan dengan yang haram dariMu. Cukupkan aku dengan karuniaMu sehingga aku tidak butuh lagi kepada siapapun selain Engkau. (HR. Ahmad, at-Turmidzi dan al-Hakim dari Ali Bin Abi Thalib)

Atau 

ALLAHUMMAA RABBAS SAMAAWATIS SAB'I WARABBAL 'ARSYIL 'AZHIM. RABBANA WARABBAA KULLI SYAI-IM MUNZILAT TAURATI WAL INJIILI WALQURAANI FAALIQALHABBI WANNA WAA A'UUDZUBIKA MIN SYARRI KULLI SYAI-IN ANTA AAKHIDZUM BINAASHIYATIHI ANTAL AWWALU FALAISA QABLAKA SYAI-UWWA ANTAL AKHIRU FALAISA BA'DAKA SAYI-UWWA ANTAZH-ZHAAHIRU FALAISA FAUQAKA SYAI-UWWA ANTAL BATHINU FALAISA DUNAKA SYAI-UN IQDHI 'ANNIDDAINA WA AGHNINII MINAL FAQRI.

Artinya :
Ya Allah, Tuhan langit yang tujuh, Tuhan Arsy Yang Agung, Tuhan kami, Tuhan segala sesuatu yang menurunkan  Taurat, Injil, Al-Qur'an. Yang memecahkan biji-bijian dan bibit-bibit tumbuhan. Aku berlindung kepadaMu dari segala sesuatu yang Engkau pegang ubun-ubunnya. Engkaulah Yang Maha Awal, tiada sesuatupun sebelumMu. Engkaulah Yang Maha Akhir, tiada sesuatupun sesudahMu. Engkaulah Yang Maha Dzhair, tiada sesuatupun diatasMu. Engkaulah Yang Maha Bathin, tiada sesuatupun dibawahMu. Bayarkan hutangku dan kayakan aku dari kemiskinan. (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Hibban dari Abu Hurairah ra)

Rasulullah saw pernah bersabda ketika melihat Abu Umamah dirundung kesusahan karena terlilit hutang. Rasulullah berkata : 
"Aku akan mengajarkan kepadamu ucapan yang jika engkau amalkan maka Allah akan menyingkirkan kesedihanmu dan membayar hutang-hutangmu"

Do'anya :

ALLAHUMMA INNI 'AUDZUBIKA MINAL HAMMI WAL HAZANI WA A'UDZUBIKAMINAL 'AJZI WAL KASALI WA A'UDZUBIKA MINAL JUBNI WAL BUKHLI WA A'UDZUBIKA MIN GHALABATIDDAINI WA QAHRIR RIJAAL

Artinya :
Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari kesusahan dan kesedihan dan aku berlindung kepadaMu dari kelemahan dan kemalasan dan aku berlindung kepadaMu dari sifat pengecut dan kikir dan aku berlindung kepadaMu dari lilitan hutang paksaan orang-orang

Dalam riwayat lain diterangkan pula bahwa Rasulullah bersabda, :
"Do'a saudaraku Yunus alaihissalam amatlah menakjubkan. Awalnya Tahlil, tengahnya Tasbih dan akhirnya Pengakuan dosa. yaitu 

LAA ILAAHA ILLAA ANTA SUB HAANAKA INNI KUNTU MINDZHALIMIIN

Artinya :
Tiada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang dzhalim

Rasullullah melanjutkan sabdanya :  
"Tidak seorangpun yang diderita kesulitan, ditimpa bencana dan kemalangan, serta orang-orang yang memiliki hutang, yang jika berdo'a dengan kalimat tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari kecuali akan dikabulkan oleh Allah swt. (HR. Ad-Dailami dari Abdurrahman bin Auf ra)




Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar